Abdullah Azwar Anas, anak muda asal Banyuwangi di akhir masa jabatannya periode pertama sebagai Bupati Banyuwangi meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional. Harian Umum Republika menganugerahkan penghargaan Tokoh Perubahan 2014. Penghargaan diberikan pada Kamis malam (30/4/2014) di Djakarta Theatre, Jakarta. Penghargaan diberikan kepada Bupati Anas karena dianggap memiliki komitmen tinggi untuk memajukan pembangunan Banyuwangi. Kerja keras itu dibuktikan dengan capaian pembangunan yang diraih Banyuwangi dalam empat tahun terakhir.

Selama kepemimpinan Bupati Anas, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi terus melejit dan menjadikan Banyuwangi sebagai daerah pertumbuhan ekonomi baru di Jatim. Selain berhasil mengangkat pertumbuhan ekonomi Banyuwangi, penghargaan itu diberikan kepada Bupati Anas yang sukses mengentas kemiskinan.

Pada tahun pertama Bupati Anas menjabat, angka kemiskinan warga Banyuwangi tercatat di angka 20 persen. Sedangkan pada tahun keempat, Bupati Anas berhasil mengurangi kemiskinan menjadi sembilan persen saja.

Pemimpin Redaksi Republika, Nasihin mengatakan, kerja tanpa ketulusan adalah tindakan melelahkan tanpa hasil. Karena itu, ketulusan menjadi kata kunci untuk menilai setiap hasil kerja. “Banyak orang yang bisa kerja, tapi tidak banyak yang mendasarkan pekerjaannya atas ketulusan untuk memberikan manfaat pada kehidupan. Mereka yang mendasarkan pekerjaan pada ketulusan adalah sosok hebat yang pantas diteladani,”kata Nasihin.

Abdullah Azwar Anas dinilai banyak memberikan inspirasi dalam meningkatkan kualitas kehidupan. Disamping itu juga menjadi motor penggerak untuk menjadikan hidup yang lebih baik. Setiap jengkal peningkatan kualitas hidup adalah bentuk perubahan yang sangat diharapkan semua manusia.

Sosok yang telah berhasil membuktikan ketulusan kerjanya pada masyarakat adalah unsur yang sangat penting bagi kemajuan bangsa ini. Semua pihak sangat menghargai setiap perubahan yang berdampak positif bagi masyarakat.

Abdullah Azwar Anas sangat pantas untuk mendapatkan apresiasi atas jasanya memajukan Indonesia khususnya Banyuwangi. Hasil karya mereka akan menjadi motivasi untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik. (sumber: Republika)